Langsung ke konten utama

Trend Sis / TI Masa Depan dan Dalam Bidang Bisnis

Trend SI/TI Masa Depan

Ekonomi API

Antarmuka pemrograman aplikasi (Inggris: application programming interface disingkat API) adalah sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu.

API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi.

Hubungan API dalam bidang ekonomi adalah ketika web E-Commerce atau Market Place menggunakan API untuk memudahkan mereka dalam bertransaksi dan berinteraksi.

Contoh :

  • Web Tokopedia menggunakkan API dari Facebook, Google, dan Yahoo untuk membuat akun tokopedia. Penggunaan API tersebut bertujuan bila user mempunyai akun facebook,google,dan yahoo , maka mereka tidak perlu lagi membuat akun tokopedia, tetapi akan langsung masuk menggunakkan akun facebook / google / yahoo. Bila membuat akun dengan login via API tersebut maka akan ada pemberitahuan untuk pengijinan. Semua akun yg masuk via API tersebut akan terintegrasi dengan web tokopedia.




Pemasaran Dimensi


Holistik Marketing merupakan suatu konsep pemasaran menyeluruh, yaitu konsep dimana para pemasar berusaha untuk meningkatkan kesadaran dari suatu kebutuhan konsumen agar didapat pendekatan yang lebih lengkap dan menyatu (kohesif) sehingga melebihi aplikasi konsep pemasaran secara tradisional.

  • Integrated marketing merupakan sebuah penggabungan aktivitas-aktivitas dan program-program dari marketing atau pemasaran yang dimaksudkan untuk membuat, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan.

  • Internal marketing merupakan kegiatan-kegiatan pemasaran yang dilakukan dalam perusahaan atau organisasi yang hubugannya dengan departemen lain, dan top management. Seperti hubungannya dengan pengadaan karyawan, pelatihan, dan memotivasi karyawan.
  • Relationship marketing merupakan kegiatan pemasaran dimana membina hubungan dengan bagian-bagian, organisasi-organisasi, atau lainnya, baik yang terhubung secara langsung atau pun tidak langsung yang member kontribusi untuk pencapain tujuan baik dalam organisasi, khususnya pada bagian pemasaran.
  • Social responsibility marketing merupakan pemasaran dimana berhubungan dengan masyarakat, baik itu komunitas maupun masyarakat secara luas, etika dalam menjalankan kegiatan marketing, legal atau illegal dilihat dari sisi hukum. Keseluruhan kegiatan pemasaran dalam social responsibility marketing, berhubungan dengan hal-hal tersebut. 


Robot Manusia

Robot humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia.

Contoh Robot Manusia :
  • Otonaroid dan Kodomoroid








Ketika Otonaroid (gabungan kata dari “orang dewasa” dalam bahasa Jepang dan “android”) pertama kali muncul di berita pagi, mungkin akan ada orang yang melihat setengah lehernya yang terbuka dan mengira bahwa mereka sedang melihat seseorang dengan luka bakar atau korban operasi plastik yang gagal. Robot ini, yang menyerupai wanita berusia sekitar 30 tahun, akan menyambut tamu museum dan dikatakan akan bisa melakukan percakapan dasar.

Kodomoroid (gabungan kata “anak-anak” dalam bahasa Jepang dan “android”) menyerupai seorang gadis kecil yang bisa membaca berita dan tweet dalam berbagai macam bahasa (dan bahkan dengan suara laki-laki, jika Anda ingin). Kedua robot ini bisa berkedip, mengangguk, dan memiliki berbagai macam ekspresi wajah. Pengunjung juga bisa mengendalikan robot tersebut dan menyuruh mereka untuk berbicara dan menggerakkan tangan mereka. Sayangnya, kedua robot ini tidak bisa berjalan.

Kedua robot ini diciptakan oleh Hiroshi Ishiguro, seorang profesor robotik manusia di Osaka University.

  • Telenoid














Telenoid adalah kreasi Ishiguro lainnya. Tapi, robot kali ini disebutnya memiliki pendekatan “minimalis”. Robot ini didesain agar bisa membuat komunikasi jarak jauh lebih “manusia” dari sekedar mengirim pesan teks atau video dengan cara berperan sebagai penghubung interaktif – tapi ini mungkin akan membuat orang takut ketimbang merasa nyaman.

Dengan sebuah laptop, sistem kendali Telenoid memungkinkan robot ini menangkap suara ekspresi wajah, dan gerakan kepala pengguna. Ishiguro yakin bahwa memegang, atau bahkan memeluk robot ini bisa menciptakan percakapan yang lebih hangat daripada Skype.

  • Kirobo












Dibuat berkat kerja sama antara University of Tokyo, Toyota, Robo Garage, dan agen periklanan Dentsu, Kirobo adalah robot juru bicara berukuran mungil untuk Japan’s Aerospace Exploration Agency (JAXA). Robot manusia berukuran 34cm yang tampak seperti robot di komik-komik Jepang ini menjadi robot pertama yang melakukan percakapan di luar angkasa.

Agustus lalu, Kirobo terbang ke International Space Station untuk melakukan percakapan di luar angkasa dengan astronot JAXA Koichi Wakata. Kirobo bisa membedakan suara dan melakukan percakapan dasar dalam waktu lama – tapi Anda tidak bisa mengharapkan banyak originalitas. Kata-kata pertamanya di luar angkasa? “[Hari ini], sebuah robot mengambil satu langkah kecil menuju masa depan yang lebih baik untuk kita semua.”

Pekerja Tek. Informasi Bagi Masa Depan

Profesi dalam bidang Teknologi Informasi - Saat ini ada banyak aneka profesi di bidang Teknologi Informasi atau TI. Perkembangan dunia TI telah melahirkan bidang baru yang tidak terlepas dari tujuan utamanya yaitu untuk semakin memudahkan manusia dalam melakukan segala aktifitas.

Dilihat dari masa depan yang kemungkinan didominasi dengan AI / Artifical Intellegent dan robot-robot maka jenis profesi yang ada di masa depan adalah
  • Pogrammer (Web Programmer,Android,Desktop)
Kenapa programmer? karena pekerjaan ini tidak akan habis dimakan oleh zaman, karena pekerjaan ini bila teknologi informasi terus berkembang maka pekerjaan ini juga akan terus dipake sampai kapanpun.
  • IT Analyst
Kenapa IT Analyst ? karena pekerjaan ini selalu berkaitan dengan pekerjaan programmer, bila pekerjaan programmer terus ada maka pekerjaan ini pasti ada.
  • Machine Learning ( Data Scientist, AI )
Kenapa machine learning ? karena teknologi terus berkembang pesat dan otomatis perkembangan robot akan juga pesat, oleh karena itu pekerjaan ini sangat dibutuhkan untuk masa depan dimana utnuk mengolah banyaknya data, membuat kecerdasaan buatan, dan membuat mesin mengerti dengan bahasa manusia.

Contoh Kaskus Ekonomi API

  • Web Tokopedia menggunakkan API dari Facebook, Google, dan Yahoo untuk membuat akun tokopedia. Penggunaan API tersebut bertujuan bila user mempunyai akun facebook,google,dan yahoo , maka mereka tidak perlu lagi membuat akun tokopedia, tetapi akan langsung masuk menggunakkan akun facebook / google / yahoo. Bila membuat akun dengan login via API tersebut maka akan ada pemberitahuan untuk pengijinan. Semua akun yg masuk via API tersebut akan terintegrasi dengan web tokopedia.























Trend Sist/TI dalam Bidang Bisnis

Pengertian dan Tujuan Bisnis

Dalam ilmu ekonomi, bisnis ialah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan sebuah laba. Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu business, dari kata dasar busy yaitu yang artinya"sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk dalam mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan sebuah keuntungan.

Pada umunya tujuan didirikannya suatu bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya sebuah perusahaan meliputi yaitu :
  • Profit
  • Menyediakan barang atau jasa
  • Untuk bertujuan mendapatkan Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
  • Full employment
  • Untuk mendapatkan Eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang
  • Untuk kemajuan atau dalam pertumbuhan
  • Untuk memperoleh Prestise dan prestasi

Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis

Peran Teknologi Informasi bagi dunia bisnis :
  • Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor anda.
  • Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan
  • Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
  • Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. 

Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.
  • Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.

Prosedur Pendirian Bisnis, Kontrak Kerja, dan Pengadaan

Prosedur Pendirian Bisnis

  • Tahapan pengurusan izin pendirian
Bagi perusahaan skala besar hal ini menjadi prinsip yang tidak boleh dihilangkan demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hinga izin perluasan

  • Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
Tidak semua badan usaha mesti berbadan hukum. Akan tetapi setiap usaha yang memang dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar maka hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku. Izin yang mengikat suatu bentuk usaha tertentu di Indonesia memang terdapat lebih dari satu macam. Adapun pengakuan badan hukum bisa didasarkan pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), hingga Undang-Undang Penanaman Modal Asing ( UU PMA ).

  • Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani
Badan usaha dikelompokkan kedalam berbagai jenis berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian dsb.

  • Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin. Namun diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional badan usaha misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian industri pembuatan obat berupa SIUP. Maka sebgai kelanjutannya, kegiatan ini harus mendapatkan sertifikasi juga dari BP POM, Izin Gangguan atau HO dari Dinas Perizinan.

Kontrak Kerja

Terdapat 3 sistem kontrak kerja, yaitu:

  • Perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), karyawannya biasa disebut dengan karyawan kontrak. Lamanya kontrak 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Masa kontrak bisa diperpanjang dengan maksimal 2 tahun.
  • Perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT), karyawan dengan kontrak ini disebut dengan karyawan permanent (tetap). Perjanjian kerja yang dibuat bersifat tetap. Pada kontrak kerja ini, karyawan bisa langsung menjadi tetap/permanent atau melalui masa percobaan kerja (probation) untuk paling lama 3 (tiga) bulan. Setelah lulus masa percobaan, karyawan tersebut baru bisa menjadi karyawan tetap.
  • Untuk kontrak kerja melalui outsourcing, anda akan mengikuti hak dan kewajiban perusahaan outsorcing, walaupun nantinya anda akan disalurkan ke perusahaan yang menjadi klien perusahaan outsourcing, sehingga perjanjian yang dibuat adalah perjanjian tidak langsung dengan tempat anda ditugaskan untuk bekerja. Sedangkan untuk kontrak kerja langsung dengan perusahaan, anda mengikuti hak dan kewajiban perusahaan tersebut.
Pengadaan

Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja antara lain :

  • Perencanaan Tenaga Kerja

Perencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya. Penentuan kuantitas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu time motion study dan peramalan tenaga kerja. Sedangkan penentuan kualitas dapat dilakukan dengan Job Analysis.

Job Analysis terbagi menjadi dua, yaitu Job Description dan Job Specification / Job Requirement. Tujuan Job Analysis bagi perusahaan yang sudah lama berdiri yaitu untuk reorganisasi, penggantian pegawai, dan penerimaan pegawai baru.

  • Penarikan Tenaga Kerja

Penarikan tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal.

Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya. 

Sumber eksternal yaitu menarik tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga pendidikan, ataupun dari advertising, yaitu media cetak dan internet. 
  • Seleksi Tenaga Kerja
Ada lima tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).

Terdapat dua pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu Succecive Selection Process dan Compensatory Selection Process. Succecive Selection Process adalah seleksi yang dilaksanakan secara bertahap atau sistem gugur. Compensatory Selection Process adalah seleksi dengan memberikan kesempatan yang sama pada semua calon untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.

  • Penempatan Tenaga Kerja
Penempatan tenaga kerja adalah proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara kualifikasi yang bersangkutan dengan job specification-nya.

Indikator kesalahan penempatan tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang tidak produktif, terjadi konflik, biaya yang tinggi dan tingkat kecelakaan kerja tinggi.


Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa
  • Penilaian kualifikasi
  • Permintaan penawaran dan negosiasi harga
  • Penetapan dan penunjukan langsung
  • Penunjukan penyedia barang/jasa
  • Pengaduan
  • Penandatanganan kontrak

Aplikasi Bisnis

  • My Budget Book











My Budget Book adalah sebuah aplikasi penting yang memungkinkan Anda untuk mengelola uang di waktu yang sulit. Aplikasi ini membantu individu untuk melacak pengeluaran dan pendapatan. Aplikasi ini membantu orang untuk mengelola uang secara efektif. Anda bahkan bisa merekam bahkan mengeluarkan bisnis secara terpisah dalam aplikasi ini.
  • LinkedIn








LinkedIn dikenal sebagai jejaring sosial untuk para profesional. Platform ini memiliki fitur yang diperlukan untuk meningkatkan jaringan profesional Anda. Pengguna juga dapat menggunakan LinkedIn untuk tetap berhubungan dengan kelompok-kelompok bisnis dan belajar tentang inovasi baru dan praktek industri. Pengguna dapat juga melamar pekerjaan langsung dari LinkedIn. Aplikasi mobilenya didesain dengan baik untuk melayani kebutuhan pengguna bisnis.

  • MoneyWiz 2 – Personal Finance











Melacak keuangan pribadi dari pengusaha adalah sesuatu yang penting. Aplikasi ini membantu Anda untuk mengelola beberapa rekening bank, anggaran dan tagihan. Aplikasi ini juga menawarkan online banking dari seluruh dunia dan dapat di sinkronisasi dengan aplikasi lain. Banyak website teknologi dan finansial seperti Forbes, MacWorld, Telegraph yang telah memuji kemampuan dari aplikasi ini.

  • Degoo








Degoo adalah solusi penyimpanan awan (cloud) gratis. Ini adalah cara yang aman untuk melakukan backup data di cloud. Aplikasi ini juga ada versi desktop nya sendiri. Anda dapat dengan mudah memindahkan file dari memori utama Anda ke cloud menggunakan Degoo. Pengguna Degoo akan mendapatkan hingga 100GB ruang secara free di cloud secara aman.

  • Microsoft Office










Microsoft baru saja meluncurkan Office Suit untuk Android. Aplikasi ini membutuhkan Android versi 4.4 keatas untuk bisa menjalankannya. Microsoft Office menyediakan penyimpanan awan (cloud) dengan OneDrive untuk dokumen, spreadsheet, presentasi dan banyak lagi. Pengguna bahkan dapat mengedit dan membuat dokumen word, spreadsheet menggunakan smartphone.

Strategi Perkembangan Bisnis Teknologi Informasi

  • Strategi Online Marketing via Website 
Jika anda memiliki sebuah website maka usaha anda seakan-akan buka selama 24 jam tanpa henti. Beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dari web usaha anda adalah website usaha anda harus mampu menjelaskan secara rinci tentang produk yang di pasarkan dan tentu harus terlihat profesional untuk menimbulkan rasa ketertarikan dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang anda jual. Selain itu anda juga harus memberikan konten-konten yang bagus dan bermanfaat agar pembaca kembali lagi untuk melihat blog anda. 
  • Strategi Marketing Online Dengan Optimasi Website 
Sebagian besar pengguna internet mencari berbagi informasi menggunakan search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Inilah yang perlu anda manfaatkan seoptimal mungkin, diamana anda harus berusaha agar website anda tampil diposisi terbaik di search engine.   
  • Memanfaatkan Jejaring Sosial 
Jejaring sosial tentu menjadi alat yang bagus dan efektif sebagai media bisnis online anda. Saat ini, sebagaian besar pengguna internet mempunyai akun di situs jejaring sosial, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Line, dll. Karena seperti yang kita ketahui, jejaring sosial tersebut dapat digunakan untuk promosi produk, dan jejaring sosial di akses oleh orang-orang diseluruh belahan dunia. Saat ini, sebagian besar pengguna internet mempunyai akun di situs jejaring sosial misalnya Facebook dan Twitter. Jejaring sosial ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi produk. Karena seperti yang kita tahu, pengguna jejaring sosial di dunia berjumlah jutaan. Tentunya ini bisa jadi salah satu ceruk pasar yang menguntungkan. 
  • E-mail Marketing 
Selain menggunakan website dan jejaring sosial lainnya, anda juga bisa memanfaatkan e-mail sebagai media promosi anda. Pemberitahuan mengenai produk terbaru dapat anda kirimkan melalui e-mail kepada pelanggan anda. Dengan promosi melalui e-mail juga akan mengurangi biaya pengeluaran anda. 
  • Komunitas atau Forum 
Jika anda sudah memiliki website usaha anda, anda dapat membagikan atau memporomosikan link maupun produk anda di forum atau tempat diskusi. Anda juga dapat meminta anggota forum yang ada untuk memasang foto produk, info produk dan informasi kontak anda. Sehingga, informasi tentang bisnis anda akan dengan cepat menyebar. 
  • Promosi Bisnis Melalui Iklan Gratis 
Saat ini, di internet sudah menjamur layanan iklan murah atau iklangratis online yang mana anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk iklan. Anda cukup registrasi ke situs iklan dan membuat iklan produk anda ke situs tersebut. Bila Anda mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba beriklan lewat Facebook Ad. Sebab, Facebook menempatkan iklan tersebut sesuai dengan target pasar. Misalnya, bila Anda mempunyai produk fashion atau tas dari korea, maka Facebook akan menempatkan iklan tersebut di halaman pengguna remaja wanita. Canggih, bukan? 

Aturan e-business pada bisnis


  • Komunikasi

Yang dimaksud dengan komunikasi adalah adanya fasilitas atau media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli. Media komunikasi yang memadai yang bisa mempertemukan pelaku e-Business menjadi syarat utama terselenggaranya.

  • Komersial (Perdagangan)

Sisi komersial yang disyaratkan pada e-Business adalah adanya sistem untuk melakukan transaksi online mulai dari promosi barang, pemesanan  barang, pembayaran dan pengiriman barang. Pembeli barang memesan  barang tidak memerlukan melihat barang secara langsung tetapi melalui gambar atau spesifikasi yang tercantum dalam website.

Sedangkan untuk pemesanan, sistem shopping online terhubung dengan sistem inventory untuk mengetahui stock barang sehingga barang yang dibeli memang ada. Untuk pembayaran, sistem shopping online harus terhubung dengan otoritas pembayaran misalnya bank atau penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan oleh pembeli berasal dari alat pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang cukup.
  • Proses Bisnis
Setiap pelaku e-Business yang ingin melakukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
  • Layanan
Bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau. Misalnya, dimensi barang yang ditawarkan beserta spesifikasinya bisa diperiksa lebih seksama sebelum dibeli (diakses melalui website), tidak diperlukan toko secara fisik, dan bisa diakses dari mana saja dengan menggunakan internet. Bahkan dengan sistem informasi, customer bisat dilayani secara khusus dan personal karena data-data aktifitas customer direkam dan bisa dilakukan analisis untuk meningkatkan pelayanan.
  • Learning
Untuk meningkatkan ”awareness” baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota  masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online. Perbedaan dengan transaksi tradisional adalah pembeli dan penjual tidak perlu belajar sebelum melakukan transaksi sedangkan transaksi online karena pengguna maupun pelaku tidak berhadapan dengan manusia tetapi dengan mesin komputer maka diperlukan proses edukasi agar mereka bisa menggunakan fasilitas atau media transaksi dengan lancar.
  • Kolaborasi
Satu siklus transaksi online antara penjual dan pembeli melibatkan stakeholder lain yang harus berkolaborasi untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Pada saat pembayaran maka akan terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan bank atau penyedia kartu kredit untuk menyelesaikan proses pembayaran. Setelah dibayar maka terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan gudang, dan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan barang sampai ke pembeli. 
  • Pihak
lain yang juga terlibat adalah pihak asuransi untuk melakukan penjaminan transaksi maupun atas barang yang dikirim. Kolaborasi yang terjadi dalam e-Business.
  • Komunitas
Dalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.. 

Sumber

https://id.techinasia.com/lima-robot-jepang-paling-mirip-manusia-yang-lucu-sekaligus-menyeramkan
https://id.wikipedia.org/wiki/Robot_humanoid
http://www.ayobelajar.web.id/tema/753/
http://www.seputarilmu.com/2016/04/pengertian-fungsi-dan-tujuan-bisnis.html
http://tulisbaca.com/apa-saja-peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis-yuk-baca-ini/
http://kahfiehudson.com/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja-dan-prosedur-pengadaan-kontak-bisnis-pakta-integritas/
http://www.jurnalweb.com/aplikasi-bisnis-terbaik-untuk-android-dan-iphone-ios/
http://www.olsera.com/id/blog/beberapa-strategi-ampuh-kembangkan-bisnis-online/6
http://ratriptyas.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/37770/BAB+7+SISTEM+BISNIS+ELEKTRONIK.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Pencarian Buta dan Heuristik

Pencarian Buta Merupakan pencarian asal ketemu. Jika solusi sudah ketemu, maka pencarian akan dihentikan. Jika dibuat skemanya, pencarian buta hanya mengenal tiga bagian, [masalah]-[pencarian]-[solusi]. Misalkan dalam kotak ada 3 kelereng warna merah, 3 biru, dan 3 kuning. Masalahnya adalah, ambillah satu kelereng yang berwarna merah. Solusi, setelah melakukan pencarian, kemudian didapat satu kelereng warna merah, nah, itulah solusinya. Algoritma Breadth-First Search Traversal akan dilakukan dalan suatu graf, misalnya dimulai dari simpul v.  Kunjungi simpul v, bila simpul yang dicari ditemukan, maka pencarian selesai dan kembalikan hasil. Bila tidak ditemukan, kunjungi semua simpul yang bertetangga dengan v, bila tidak ditemukan, cari lagi di simpul yang belum dikunjungi yang bertetangga dari simpul yang dikunjungi tadi. Begitu seterusnya sampai pencarian selesai (pencarian berhasil atau tidak ditemukan). Contoh Penerapan BFS Pencarian Jalur Terpendek dalam Permaina

Data Science vs Big Data vs Data Analytics

Data Science Tahun 2012 yang lalu, Harvard Business Review menyebut profesi data scientist sebagai profesi terseksi abad 21. Bagaimana tidak? Seorang data scientist memiliki kemampuan mengolah data dengan volume yang sangat besar dalam sehari. Ia juga dituntut untuk mempunyai tingkat kreativitas yang tinggi untuk mengomunikasikan hasil olahan data. Kemampuan ini sangatlah jarang ditemukan. Inilah yang membuat profesi ini terlihat keren, dan konon memberi pundi-pundi penghasilan yang tidak sedikit. Seorang data scientist dituntut untuk menguasai sejumlah disiplin ilmu: ilmu statistik untuk mengolah data, pemrograman sebagai pendukung pengolahan data dalam jumlah besar, ekonomi (atau bidang ilmu lain tergantung pada bidang perusahaan atau organisasi) dalam menganalisis dan mendapatkan insight dari hasil olahan data, serta kemampuan untuk menceritakan (story telling) data yang telah dianalisis. Big Data Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik d

Perbandingan Framework COBIT, ITIL, dan Six Sigma

ITSM ITSM (Information Technology Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Beberapa contoh kerangka kerja yang menerapkan ITSM adalah COBIT, ITIL, dan Six Sigma. Framework COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) Konsep kerangka kerja COBIT dapat dilihat dari tiga sudut pandang, meliputi : Information Criteria, IT Resources, IT Processes, seperti terlihat pada gambar dibawah ini : Model proses COBIT terdapat empat domain yang didalamnya terdapat 34  proses dalam memberikan informasi kepada dunia usaha sesuai dengan bisnis dan kebutuhan tata kelola teknologi informasi. Sehingga domain tersebut dapat diidentifikasikan yang terdiri dari 34 proses, yaitu (ITGI, 2007) : Domain Plain and Organize (PO) Yaitu mencakup masalah mengidentifikasikan cara terbaik TI untuk membe